Sambut Tahun 2023, Kementan Pastikan Harga dan Ketersediaan Pangan di Pasar Sederhana Kota Bandung Cukup

0 0
banner 468x60
Read Time:1 Minute, 56 Second

BANDUNG, kibersindo.com — 12 bahan pangan pokok mulai dari beras, kedelai, jagung, telur ayam, gula pasir, minyak goreng, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daging ayam, dan daging sapi terpantau cukup stoknya jelang pergantian tahun kali ini dari Kota Bandung.

Demikian disampaikan Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Ajat Jatnika, ketika memantau langsung harga dan ketersediaan 12 bahan pangan di Pasar Sederhana Kota Bandung, Kamis, 29 Desember 2022.

“Alhamdulillah secara umum stok dan ketersediaan 12 kebutuhan strategis seperti beras, telur, minyak, cabai, bawang merah, bawang putih harganya stabil dan ketersediaannya cukup menjelang tahun baru,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan di Pasar Sederhana Kota Bandung tersebut, Ajat Jatnika menyebutkan harga cenderung stabil,

“Kami lihat harga beras rata-rata Rp12.000,00/kg, telur ayam negeri Rp33.000,00/kg, cabai merah Rp70.000,00/kg, dan cabai rawit Rp30.000,00/kg” katanya.

Bersama dengan tim dari Polbangtan Bogor dan Badan Pangan Nasional, di pasar tersebut, pantauan komoditas lainnya seperti bawang merah harga jual dikisaran Rp30.000,00/kg, bawang putih Rp28.000,00/kg, ayam negeri Rp37.000,00/kg, daging sapi Rp140.000,00/kg, gula pasir Rp18.000,00/kg, dan minyak goreng Rp17.000,00/kg.

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi, meminta seluruh pejabat UPT lingkup BPPSDMP untuk langsung turun ke lapangan.

“Bahan pangan sangat dibutuhkan menjelang hari-hari besar seperti Natal dan Tahun Baru, karena itu saya meminta kepada jajaran di pusat dan daerah agar bekerja efektif dan maksimal untuk memastikan bahan pangan khususnya 12 komoditas pangan strategis tersedia bagi masyarakat di berbagai wilayah,” sebut Dedi.

Sejalan dengan apa yang disampaikan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga dikesempatan terpisah langsung meminta seluruh jajarannya di Kementerian Pertanian untuk memantau dan mengawal ketersediaan 12 komoditas pangan sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga :  KLHK Tingkatkan Upaya Pengendalian Karhutla Kalimantan Barat

“Tugas Kementan menjaga ketersediaan pangan, Presiden juga minta kepada semua menteri dan semua pihak yang terkait dengan pertanian untuk mempersiapkan ketersediaan pangan kita di Natal dan Tahun Baru,” tegas SYL.

Pada kesempatan yang sama, DKPP Kota Bandung melakukan rapid test uji cepat kandungan pestisida pada sayuran, kandungan formalin pada daging ayam dan sapi. Uji dilakukan dengan mengambil sampel pada pedagang ayam, daging dan sayuran dan hasilnya negatif, tidak ada kandungan residu dan formalin pada sayur dan daging sehingga aman untuk dikonsumsi masyarakat.(*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
banner 300x250

Related posts

banner 468x60