IMG 20200302 WA0024

Puncak Haul Guru Sekumpul Ke-15 di Banjarbaru Berlangsung Fenomenal

Read Time:1 Minute, 48 Second

Buserbhayangkara.com, Banjarbaru – Kota Banjarbaru merupakan penyangga kegiatan haul Guru Sekumpul K.H. Muhammad Zaini Abdul Ghani ke-15 yang dilaksanakan di komplek Al-Raudhah kelurahan Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar, Minggu (01/03/2020). Sebab kota Banjarbaru yang bertetangga dengan Kabupaten Banjar menjadi tempat jamaah untuk melaksanakan shalat magrib dan mengikuti perhelatan puncak Haul Guru Sekumpul yang ke-15.

IMG 20200302 WA0022

Hampir semua akses jalan di Kota Banjarbaru dipadati oleh jamaah dan tidak terhitung tempat-tempat yang disiapkan untuk menampung para jamaah mulai dari masjid, mushola, area sekolahan, gedung-gedung pemerintah dan swasta, juga lapangan terbuka yang disiapkan untuk para jamaah yang datang dari luar kota untuk mengikuti kegiatan Haul Guru Sekumpul tersebut.

Mulai sore sampai menjelang waktu magrib tampak terlihat ratusan ribu umat berputar-putar dijalan dalam Kota Banjarbaru untuk berupaya mencari akses jalan menuju pusat kegiatan Haul Guru Sekumpul di Martapura, namun mereka tidak dapat keluar dari Kota Banjarbaru disebabkan semua akses jalan menuju Sekumpul-Martapura sudah dipadati oleh jutaan umat yang datang dari berbagai penjuru daerah terutama dari pulau Kalimantan dan provinsi lainnya di Indonesia termasuk yang datang dari luar negeri.

Diketahui bahwa mulai sore jalan A.Yani sudah ditutup sehingga tidak bisa lagi dilewati kecuali oleh mobil Ambulance dan kendaraan yang mengangkut konsumsi serta tamu yang datang, akibatnya tidak sedikit jamaah tertahan dalam Kota Banjarbaru.

Sebagaimana terlihat di bundaran Simpang Empat Banjarbaru akses jalan menuju Martapura dan arah ke SPN Sungai Ulin juga ditutup sehingga jamaah melaksanakan shalat magrib di empat penjuru jalan raya diseputaran bundaran Simpang Empat Banjarbaru, juga kegiatan selanjutnya.

Fenomena yang langka dan baru kali ini terjadi Bundaran Simpang Empat Banjarbaru jadi wadah umat melaksanakan ibadah dan sholawat memperingati Haul Abah Guru Sekumpul ke-15, sebab dari hasil pemantauan jumlah umat yang hadir kuang lebih dua setengah juta orang.

Jumlah pengunjung yang membludak tahun ini sudah diprediksi oleh pemerintah Kota Banjarbaru sehingga Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani dan Wakil Walikota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan, beserta seluruh jajaran nya dalam beberapa hari tampak sibuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut jamaah yang datang dari luar kota Banjarbaru, dengan menyediakan sejumlah fasilitas dan sarana transportasi gratis, tenda rest area, posko kesehatan, posko portable, dan pengamanan secara menyeluruh. (MJ)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
IMG 20200301 WA0003 Previous post Satgas Pamtas Yonif 641, Gagalkan Peredaran 3.01 Kg Sabu-Sabu
IMG 20200302 WA0021 Next post Deklarasi Bersama Anti Narkoba Menuju Subang Bersinar ( Bersih Narkoba )