Pesona Kabupaten Halmahera Selatan: Kepulauan Bacan

0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second

kibersindo.com, Secara administratif Kepulauan Bacan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara dengan luas wilayah 2.793 km2. Kawasan Pulau Bacan merupakan surga bagi penggila batu akik

Pulau yang dijuluki ‘surga tersembunyi’ ini memiliki banyak pantai cantik. Mulai dari Pantai Nusa Ra, Pantai Kupal, Pantai Derbi, dan lainnya. Jika Anda ingin mendapatkan pemandangan berbeda bisa juga menikmati Pasir Putih Wayaua. Pasir Putih Wayaua terletak di Desa Wayaua, Kecamatan Bacan Timur Selatan. Pasir putih Wayaua dan air laut bagaikan kristal. Selain itu, lansekap Pulau Bacan yang berbukit-bukit akan membuat Anda terpesona dengan keindahannya saat di Pasir Putih Wayaua.
Setelah puas menjelajahi wisata bahari yang ada di Pulau Bacan. Anda nuga bisa berwisata sejarah. Di sini juga terdapat keraton Sultan Bacan. Keraton ini sangat populer dikunjungi wisatawan. Bangunan keraton yang memiliki arsitektur unik ini menyimpan banyak koleksi benda bersejarah. Jika ingin mendapatkan wisata Instagramable, pengunjung bisa mengunjungi objek wisata Dermaga Biru dan Dermaga Merah yang ada di Pantai Sibela.
Dermaga Biru didominasi dengan cat berwarna biru. Dermaga Biru terletak di Kecamatan Bacan Timur. Dermaga Biru merupakan pantai kecil dengan bangunan dermaga, rumah makan dan cottage-cottage. Dermaga Biru merupakan tempat yang cukup asyik untuk berenang dan snorkeling. Sedangkan Dermaga Merah atau yang biasa disebut sebagai Sibela Beach ini berada sejajar dengan garis pantai Dermaga Biru. Sesuai dengan namanya, Dermaga Merah juga didominasi dengan cat warna merah.
Jika berkunjung ke Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, maka pengunjung dapat melihat batu bacan seberat 1,5 ton. Batu tersebut ditaruh di halaman depan komplek Keraton Bima Kesultanan Bacan. Ini merupakan simbol dari tempat tersebut. Batu bacan berwarna coklat ada corak hijau tersebut ditemukan oleh warga di Desa Palamea, Pulau Kasiruta. Batu itu dibawa ke komplek Kesultanan Bacan yang terletak di Labuha, April 2015.
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%