BMDI

Padepokab Satria Buana Merah Delima Indonesia mengadakan syukuran untuk menyambut hari jadinya yang ke 3   sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan santunan anak yatim, acara tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu 13 januari 2018,  bertempat di Padepokab Satria BMDI yang terletak didaerah tajur halang bogor.

bmdi2

Acara syukuran yang diselenggarakan oleh BMDI selain dengan menyantuni anak yatim, BMDI juga melantik 30 anggota baru dari Beksi Merah Delima.

BMDI mempunyai dasar keselarasan atau filsafah yaitu Membersihkan diri dengan cara mengusapkan air ke wajah dan tangan serta kaki anggota yang artinya  menandakan bahwa menjadi seorang satria Beksi Merah Delima  harus jujur  bertanggung jawab  dan bersih hatinya.

bmdi3

Beksi pencak silat adalah olah raga beladiri  yang berasal dari  aliran daerah Betawi, Pencak silat Beksi ini dibentuk dengan harapan  dapat bermanfaat bagi seluruh nusantara, sesuai dengan nama BMDI, yang singkatan dari Beksi Merah Delima Indonesia. kata merah delima itu diambil dari Buah Delima yaitu   Semua nya bermanfaat bagi manusia.

walaupun hujan turun dgn derasnya tidak menjadikan hambatan dalam  pelaksanaan acara ini.   Para tamu undangan semakin banyan berdatangan.

pertunjukan Atraksi silat dr berbagai perguruan tetap  berjalan
Milad Padepokan Satria Buana Merah Delima ini selain dihadiri oleh para murid,pelatih dan para ulama, juga dihadiri oleh perguruan silat dari berbagai kota antara  lain ;
1. Lembaga Tatar Sunda

2. Sera Bongkar Kandang
3. Salaca Macan Putih
4. HMI
5. Mata Hati
6. Macan Betawi
7. Beksi Kong Otthing
7. Beksi Kong Nur
8. Beksi Kembang Janur
9. Angkrik Sinan
10. Cimande muda
11. TASJIDAN
12. MS Pengasinan
13. Jalan 6
14. Ki Maung Buana
15. Lumbuk
16. KSJ
17. Ujungan Bekasi
18. BSC Ciganjur
19. Beksi Kampung Setu
20. Pusaka Misar
21. SIBAN
22. ISTRASI
23. Mustika Cijago
koplek Betawi

Seperti yang diutarakan oleh Bp. Muali pendiri dari Beksi Merah Delima ini, bahwa silat beksi ini tidak hanya orang betawi dan agama islam saja yang bisa menggunakan nya tetapi semua orang di Nusantara ini boleh mempelajarinya,  Dengan  syarat bahwa silat dipergunakan untuk hal yang baik, bukan untuk menunjukan Ego.
Silat Indonesia harus bangkit kembali, dan ini telah dibuktikan sudah banyaknya perguruan silat yg hidup kembali.

walaupun malam itu  hujan turun cukup deras, tapi tidak menjadikan hambatan dalam  pelaksanaan acara ini. dan  Para tamu undangan pun semakin banyak berdatangan.

Rika/Hera/Red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *