- TERKINI

Seratus Prajurit Yonif 315/GRD Menuju Lokasi Bencana Tsunami Pandeglang

Kibersindo, Bogor – Peran TNI kini kian dekat dengan masyarakat. Jika dulunya TNI fokus melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP), kini tugas TNI lebih kepada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan mengerjakan tugas di luar perang seperti memberikan bantuan, tugas kemanusiaan dan tugas perdamaian.

Sabtu (22/12) malam sekitar pukul 21.30, tersiar kabar bahwa sunami menerjang beberapa wilayah pantai di Selat Sunda, diantaranya di pantai di Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan. Mulanya, masyarakat di sekitar Pantai Anyer dan Lampung Selatan dikagetkan dengan adanya air laut naik yang menerjang bangunan di sekitar pantai.

Gelombang pasang naik setinggi hampir satu meter menerjang bibir pantai, bersamaan dengan kencang yang berdampak dengan terjadinya tsunami menyebabkan korban jiwa dan kerusakan. Sehingga penanganan darurat harus segera dilakukan oleh BPBD bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD, Tagana, PMI, relawan serta masyarakat.

Minggu (23/12/2012) tepat pukul 09.45 WIB, Yonif 315/Grd terdengar suara alarm yang bersahutan memekakkan suara yang menandakan adanya situasi darurat yang harus segera ditangani. Ya pagi ini, dihari libur ini kesiapan prajurit Yonif 315/Grd diuji untuk segera berkumpul. Tugas negara memanggil mereka. Masyarakat Pandeglang membutuhkan bantuan.

Dalam waktu 15 menit ratusan prajurit Pa, Ba dan Ta telah berkumpul di lapangan Garuda siap menunggu perintah dan arahan. Wadanyon Mayor Inf Samuel Yoga (Akmil 2006) yang mendapat perintah dari Danyonif 315/Grd untuk menyiapkan 100 Orang prajurit yang akan segera diberangkatkan ke Pandeglang BKO Korem 064/Maulana Yusuf dalam rangka penanganan dan penanggulangan bencana Tsunami.

Samuel Yoga menyampaikan perintah komando atas sudah jelas, lupakan libur terlebih dahulu, tugas negara memanggil kita, segera siapkan perlengkapan, dalam 30 menit kedepannya akan segera berangkat. Bantu korban bencana di Pandeglang semaksimal mungkin. Tunjukkan bahwa TNI ada untuk rakyat.

Pukul 10.45 Wib, 100 Orang Prajurit Yonif 315/Grd yang diangkut oleh 5 kendaraan NPS dipimpin Lettu Inf Adhitya Bagus Setiawan dibantu Lettu Inf Sukisworo dan Letda Inf Deden A.W berangkat menuju Pandeglang guna membantu penanganan dan penanganan bencana tsunami yang melanda daerah tsb.

Adhitya menyampaikan kami siap menuju daerah bencana, mari kita berdoa bersama sama kepada Allah SWT agar masyarakat di sana diberikan kekuatan, kesabaran dan ketabahan. Dan kami juga mohon doa agar diberikan kelancaran dalam melaksanakan tugas serta kekuatan untuk membantu korban yang membutuhkan uluran bantuan.

Bravo Garuda (Adk/Y315)

Hera/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *