- TERKINI

Satgas TMMD 106 Makan Ala Botram Tradisi Kebersamaan Khas Sunda

BOGOR – Botram adalah istilah kata Sunda yang merujuk pada tradisi makan bersama. Acara makan ini biasa dilakukan bersama-sama di sembarang tempat, bisa di kebun, sawah, pelataran rumah atau di tempat lain dengan tujuan kebersamaan dan mengikat tali persaudaraan.

Seperti yang dilakukan masyarakat Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari membahagiakan tetamu nya yakni TNI, satgas TMMD ke 106 Kodim 0621/Kabupaten Bogor. Disela sela aktifitas TMMD, para TNI ‘dijamu’ masyarakat dengan nasi yang disajikan diatas pelastik panjang. Terasa sekali kebersamaan diantara mereka. Botram pun terlaksana. Sajian alakadar dengan lahap dimakan para TNI dan masyarakat.

Gelak tawa dan senda gurau pun pecah usai mereka botram. Seakan menghapus rasa letih dan lelah para satgas TMMD yang hampir sebulan ini secara marathon mengerjakan program pembangunan fisik dan non fisik TMMD.

Berasa sekali “ruh” TMMD terciptanya manunggal antara TNI dan Rakyat. Masyarakat disaat bersama tak canggung lagi bersenda gurau dengan para satgas TMMD.

Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf Harry Eko Sutrisno mengatakan dirinya fokus pada penyuluhan – penyuluhan wawasan kebangsaan untuk masyarakat. “Kita berupaya mencegah masuknya faham – faham atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila kepada masyarakat,” katanya kepada wartawan, Sabtu (26/10/2019).

Ia menambahkan selain pembangunan sejumlah infrastruktur, pelaksanaan program TMMD ke 106 yang digelar Kodim 0621/Kabupaten Bogor di Desa Buanajaya Kecamatan Tanjungsari menyasar pembangunan non fisik.

Sasaran pembangunan non fisik yang dilaksanakan pada TMMD 106  diantaranya adalah penyuluhan wawasan kebangsaan, Pengobatan gratis, pembangunan sarana olahraga, dan masih banyak yang lainnya.

“Semua kita koordinasikan dengan lintas sektoral, baik dengan Pemda maupun dengan Kepolisian. Ada juga berbagai penyuluhan yang akan dilaksanakan, seperti penyuluhan bela negara, kesehatan, pertanian, hukum serta penyuluhan lainnya yang diperuntukan bagi pelajar dan orang dewasa di lokasi TMMD,” ujar Letkol Inf Harry. (Andi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *