- BERITA DAERAH

PT. SMELTING, Gelar Acara Training Lingkungan dan Pembentukan Masyarakat Penjaga Alam

kibersindo.com, Sukabumi – Pentingnya menjaga dan melesatrikan alam, demi kelanjutan khalayak kehidupan ekosistem hayati, ( manusia, flora dan fauna ) di muka bumi untuk masa yang akan datang. PT. Smelting salah satu perusahaan yang bergerak di bidang peleburan tambang, dan salah satu perusahaan penggerak konservasi lingkungan, khususnya Elang jawa ( nisaetus bartelsi ), terus bertekad dalam pelestarian ekosistem alam dan lingkungan.

Jum’at pagi, 23 Oktober 2020, PT. Smelting gelar kegiatan pelatihan dan konsolidasi, kepada masyarakat kecamatan kadudampit khususya karang taruna desa cikahuripan dan desa muara dua, yang berbatasan dengan TNGGP, tentang konservasi alam dan elang jawa.
Kegiatan di gelar di Aula gedung olah raga, kecamatan kadudampit. Di Hadiri, Camat kadudampit diwakili sekertatis camat giwa ginanjar lugina. S.Ip., PEH KSDA wilayah 1 Bogor, Isep mukti W, S. Hut., kepala seksi PTN wilayah IV situgunung, Luki turniajaya S. Hut. M. Si., Management PT. Smelting, GA manager, Sapto Hadi, ketua PMI Kab. Sukabumi Dr. Hondo Suwito., Kapolsek Kadudampit, IPTU Agus Suherman S.E., kepala desa cikahuripan U. Malik Japar. Serta karang taruna desa cikahuripan.

Menurut Pengendalian Ekosistem dan lingkungan hidup ( PEH ) bidang KSDA wilayah 1 Bogor. Isep Mukti W, S. Hut., saat sambutannya mengatakan penting nya menjaga alam lingkungan hayati dan ekosistem demi kelangsungan hidup masa yang akan datang.

“penting nya menjaga sumber kekayaan alam dan ekosiatem hutan, tempat kehidupan flora dan fauna untuk kehidupan mnnusia di masa mendatang,” ujarnya.

Hal serupa di tambahkan oleh kepala seksi PTN wilayah IV situgunung Luki turniajaya S. Hut. M.Si., bahwa “pentingnya konservasi elang jawa ( nisaetus bartelsi ) di taman nasional gunung gede pangrango, demi kelestarian ekosistem, khususnya burung yang menjadi cikal bakal lambang negara”. Pungkas Luki.

Saptohadi Prayetno selaku Manager General Affair. PT Smelting, di depan awak media menjelaskan kegiatan pendidikan konservasi tersebut merupakan rangkaian pengembangan sosial PT. Smelting atau CSR di wilayah kadudampit.

“Bahwa hari ini kami mengadakan pendidikan konservasi dan pendidikan pariwisata, ini merupakan rangkaian kegiatan pengembangan sosial PT. Smelting atau CSR, agar wilayah kadudampit punya alternatif daerah wisata selain situ gunung.
Sementara ini kami sudah melakukan pengembangan dua desa pariwisata desa muara dua dan desa cikahuripan”. Katanya

“Harapan kami dengan kegiatan ini khususnya untuk konservasi alam dan elang jawa yang telah di kembangbiakan di taman safari secara xsitu, itu dapat di lepaskan di cibodas dan Sukabumi”. Pungkas Sapto Hadi.

Risty selaku Publik Relation Officer PT. Smelting juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut selain melestarikan lingkungan juga mengajak masyarakat supaya siap menyambut desa pariwisata.

“Untuk program ini sebenarnya kita mengangkat kemampuan masyarakat disini, supaya biaa siap nanti setelah pandemi ini selesai, untuk menyambut pariwisata”. Singkat Risti.

As.
ILys/ sm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *