- PERISTIWA

Presiden Joko Widodo meninjau proyek padat karya saluran irigasi tersier di Desa Dukuh Lo, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

jokowi tegal2

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono Senin 15 Januari 2018 meninjau proyek padat karya saluran irigasi tersier di Desa Dukuh Lo, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

jokowi tegal3

Presiden Jokowi yang saat itu tengah meninjau  pembangunan saluran irigasi tersier 130 hektare yang terletak di Dukuh Lo, Kecamatan Lebak Siu, Kabupaten Tegal, mengatakan bahwa proyek padat karya  ada di 19 kementerian, salah satunya adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap program padat karya (cash for work ) yang dicanangkan pemerintah pada tahun ini mampu mendorong perputaran ekonomi di tingkat bawah, sehingga  daya beli masyarakat dan tingkat konsumsi masyarakat meningkat.
jokowi tegal
Dan Pembangunan saluran irigasi pun merupakan salah satu implementasi program cash for work Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bahkan sangat diharapkan Proyek padat karya juga mampu menyerap tenaga kerja dari lingkungan sekitar proyek. Tentunya  Pekerja proyek padat karya akan dibayar tunai dengan besaran upah sesuai dengan standar di masing-masing daerah.

Jokowi yakin jika program padat karya yang dicanangkan pemerintah dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, Salah satunya adalah Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar ungkap Jokowi. Contohnya dengan pembangunan saluran irigasi tersier yang dikerjakan oleh sekitar 150 hingga 160 petani setempat.

“Untuk tukangnya Rp 100 ribu, untuk pembantunya Rp 80 ribu. Ini standar di Tegal dan sekitarnya, dibayar seminggu sekali. Saya tadi minta sama Pak Menteri, kalau bisa setiap hari dibayar, tapi ini yang sudah berjalan memang mingguan,” ungkap Jokowi lagi.

Sebelumnya, pada 6 Desember 2017  lalu dalam sidang kabinet paripurna, Jokowi telah menginstruksikan jajarannya untuk segera memulai pelaksanaan program padat karya di sejumlah daerah di Tanah Air, saya minta agar di bulan Januari 2018 proyek ini sudah bisa dimulai.

Mulai dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, hingga Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Hera/Red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *