- TERKINI

Menteri Keuangan Sri Mulyani ia mengetahui bagaimana cara menjawab tantangan dari Presiden Jokowi

Pada kunjungan kerja di PT.Samick Indonesia selasa 27/3/2018, Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkankan bahwa ia mengetahui bagaimana cara menjawab tantangan dari Presiden Jokowi untuk mempermudah dan mempercepat proses seluruh perizinan kepabeanan dan cukai bagi dunia usaha.

Dihadapan para tamu undangan yang hadir, Sri Mulyani memaparkan, bahwa Bea Cukai telah melakukan simplifikasi, di antaranya registrasi kepabeanan dari 1 hari menjadi 3 jam, simplifikasi izin tempat penimbunan berikat (TPB) dari 15 hari kerja di KPPBC menjadi 3 hari.

Menurut Sri Mulyani, Presiden tidak suka dengan bulan, tidak suka minggu. Jadi ia senang ketika Bea Cukai telah memangkas dari 30 hari jadi 1 jam. Tapi ia menyadari bahwa TPB dari 15 hari menjadi 3 hari, belum bisa dapat tepuk tangan dari Presiden,” tuturnya.

Menurut Sri Mulyani, bahwa simplifikasi izin yang sudah dilakukan pada Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) dari 30 hari menjadi 1 jam di Kanwil DJBC dan mempercepat perizinan di bidang cukai dari 30 hari menjadi 3 hari.

Dan ia pun menambahkan penjelasan, simplifikasi ini sebagai usaha untuk memudahkan usaha di Indonesai.

Sri mulyani nampaknya paham sekali bahwa Presiden tentunya belum puas dari hasil simplifikasi kepabeanan dan cukai, walaupun Presiden sudah pernah memberikan arahan dan sudah dijalankan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

 

Hera/Red.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *