Makoramil 2115/Kemang Diresmikan Oleh Danrem 061/SK

KEMANG – Setelah selama 23 tahun menempati gedung markas Komando Rayon Militer (Koramil) di wilayah administrasi Kota Bogor, akhirnya di akhir tahun 2019 ini, markas Koramil 2115/Kemang Kodim 0621/Kabupaten Bogor resmi memiliki gedung kantor baru yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Bogor. Tepatnya di Desa Pondok Udik Kecamatan Kemang. Peresmian penggunaan Markas Koramil 2115/Kemang tersebut dilakukan langsung oleh Komandan Resort Militer (Danrem) 061/Surya Kencana Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Novi Helmy Prasetya dengan prosesi penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, Senin (16/12/2019).

Dalam acara peresmian tersebut, Danrem 061/SK tampak didampingi Dandim 0621/Kab. Bogor, Camat Kemang, Staf Khusus Pimpinan MPR RI TB. Sumandjaya, Danramil Kemang serta para pejabat TNI dan Polri serta tamu undangan lainnya.

Danramil 2115/Kemang Kapten H.Soetrisno menjelaskan, selesainya pembangunan markas Koramil tersebut atas dukungan Danrem, Dandim, Pemkab Bogor dan bantuan masyarakat.

Dia menerangkan, bangunan Makoramil Kemang berdiri diatas tanah seluas 1.000 meter persegi dengan surat lengkap sebagai hibah dari Pemkab Bogor. Memiliki luas bangunan 400 meter.

“Kalau dihitung normal, biaya pembangunan bisa mencapai Rp948 juta. Tapi kami hanya menghabiskan anggaran Rp300 juta. Ini berkat partisipasi dan kesadaran masyarakat serta pengusaha yang luar biasa. Masyarakat menyambut adanya kantor Koramil, ibarat anak yang merantau telah kembali pulang,” katanya.

Camat Kemang Nana Mulyana mengungkapkan, adanya Markas Koramil 2115/Kang merupakan sebuah kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kemang dan Rancabungur.

“Ini bentuk rasa cinta masyarakat kepada TNI. Satu tahun lalu, peletakan batu pertama kantor Koramil. Saat ini diresmikan langsung oleh Danrem 061 Surya Kencana. Ini tentu sangat membanggakan. Saat ini Koramil Kemang telah kembali ke negeri sendiri,” ujar Nana Mulyana.

Dalam kesempatan ini, Camat Kemang juga menyerahkan secara langsung alas hak berupa sertifikat tanah hibah dari Pemerintah Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor yang diterima oleh Dandim 0621/Kab.Bogor Letkol Harry Soetrisno.

Brigjen TNI Novi Helmy Prasetyo selaku Danrem 061/SK dalam amanatnya menyampaikan bahwa, kehadiran sarana prasarana kantor Koramil merupakan kebutuhan untuk ruang gerak, pemetaan wilayah dan alat juang bagi TNI.

“Prajurit TNI juga harus kuat dan secara bersama terus meningkatkan kesadaran dan motivasi juang serta profesionalisme dan handal,” imbaunya.

Ditegaskan Brigjen Novi Helmy Prasetya, peresmian markas Koramil 2115/Kemang juga bersamaan dengan peringatan Hari Juang TNI AD. Untuk itu, Danrem 061/SK mengimbau, agar seluruh prajurit TNI mampu meresapkan dalam diri dan hati sanubarinya makna pepatah dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung.

“Karena TNI dilahirkan dari rakyat, berjuang bersama rakyat dan akan selalu bersama rakyat. Ibu kandung TNI adalah rakyat.” Tegasnya. []

Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *