Kolonel Inf Novy Helmy Prasetya Isi Materi Wasbang Pada Giat PKKMB Unida

Kibersindo Ciawi – Danrem 061/SK Kolonel inf Novy Helmy Prasetya Berikan Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada Mahasiswa Baru Universitas Djuanda, yaitu dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru ( PKKMB ), Selasa 10/09/ 2019.

Bertempat di Aula Masjid Baitul Ham Universitas Djuanda Ds Ciawi Kec Ciawi Kab Bogor, Giat Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang mengedepankan tema ” Generasi Muda Adalah Generasi Penerus Bangsa, Teruskan Perjuangan Untuk menuju Indonesia Emas” tersebut diikuti oleh Mahasiswa baru sejumlah 621 Orang, dan sebagai Ketua Penyelenggara ( Bpk Ir. Nur Rochman, MP ).

Kolonel Inf Novy Helmy Prasetya yang pada kegiatan tersebut berkesempatan memberikan pengarahan kepada para mahasiswa baru tentang wawasan kebangsaan, dan pada kesempatan itu Danrem menyampaikan pandangan tentang arti kata Wasbang, dan menurut Danrem bahwa wawasan kebangsaan adalah cara pandang sebuah bangsa mengartikan ideologi dan cita cita bangsa itu sendiri, Dimana Wasbang itupun adalah untuk memperkuat persatuan, kesatuan dan pertahanan bangsa.

Wasbang sangatlah penting untuk mewujudkan tujuan sebuah bangsa, karena Wasbang merupakan pemersatu dari berbagai keragaman, yaitu keragaman suku budaya, agama, strata sosial ekonomi, pandangan dan lingkungan, yang semua itu Sebagai bagian dari bangsa ini. Dan para pemuda bangsa tentunya memegang peranan penting, peran krusial dalam menjaga nilai nilai kebangsaan, serta dalam kemajuan dan ketahanan keutuhan NKRI.

Tentunya banyak cara yang dapat dilakukan oleh generasi muda dalam mempertahankan bangsa ini selain sebagai pemersatu Keberagaman bangsa, diantaranya ikut memberantas narkoba dan ikut mensosialisasikan pengaruh baik buruk nya sosmed.

Bagaimana caranya para pemuda ikut berantas narkoba, dengan tidak ikut menggunakan dan menjual barang tersebut serta mensosialisasikan Tentang bahaya narkoba maka itu adalah cara efisien mencegah peredaran narkoba di bangsa ini yang lambat laun akan meminimalisir perkembangannya. Penyalahgunaan narkoba dikalangan generasi muda saat ini kian meningkat, yang tentunya jika tidak diberantas dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini dikemudian hari. Pemuda sebagai generasi penerus jika diracuni oleh zat-zat adiktif penghancur syaraf, maka moral pikirannya tentu akan rusak, yang akhirnya bangsa ini akan kekurangan ataupun kehilangan penerus bangsa yang cerdas yang seharusnya dapat meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa.

Begitupun dengan sosmed, yang memang era teknologi informasi/internet sudah berkembang dengan pesat di negara ini telah banyak menarik perhatian para pemuda. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan teknologi internet memang sangat diperlukan untuk pelayanan dalam mengakses informasi apapun disetiap negara. Namun jika penggunaan internet digunakan untuk hal-hal yang salah atau pun jika penggunaannya melampaui batas dalam arti kata kecanduan, itu sangatlah berbahaya, karena hal tersebut dapat menimbulkan hal hal negatif, seperti jadi malas belajar, malas beribadah, dsb. Bahkan orang yang kecanduan sosmed akan berdampak pada gangguan tidur akut, sulit konsentrasi, tingkat stres menjadi lebih tinggi, emosi tidak stabil, gangguan pada mata dan syaraf, acuh terhadap lingkungan sekitar, serta depresi dan cemas yang berlebihan.

” Sangat disayangkan, yang mana seharusnya sosmed bisa jadi wadah interaksi positif, justru membuat masalah serius bagi penggunanya.” Pungkasnya.

Selain Danrem memberikan pengarahan kepada para mahasiswa, Bpk Dr. Ir Dede Kardaya M.si selaku rektor Unida pun berkesempatan memberikan sambutannya, dan dalam sambutannya tersebut ia mengucapkan terimakasih yang ditujukan kepada Kolonel inf Novy Helmy Prasetya selaku Danrem 061/SK beserta jajaran atas kedatangannya yang merupakan suatu Kebanggaan bagi Unida.

Turut Hadir dalam giat tersebut antara lain sebagai berikut, Rektor Universitas Djuanda ( Bpk Dr. Ir Dede Kardaya M.si ), Kasiter Rem 061/Sk ( Letkol Inf Asep Muspida ), Dandim 0608 (Letkol Inf Rendra), Kapenrem 061/Sk ( Mayor Inf Ermansyah ), Kasdim 0621/Kab Bogor ( Mayor Inf Samuel ), Mayor Inf Ratno, Danramil 2122/Ciawi ( Mayor Inf Herdis ), Kapten Inf Mulyadi ( Pasi Bhakti Staf Ter ), Kapten Chb Endang, Wakil Rektor 3, dan juga Anggota Menwa Mahawarman dan juga Mahasiswa senior Unida.( Penrem 061/SK)/Hera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *