- PERISTIWA

Jalur Puncak untuk sementara ditutup selama 10 hari kedepan.

longso puncak3

Bogor- Jalur Puncak Bogor  Jawa Barat  ditutup sementara akibat musibah longsor yang terjadi di kawasan tersebut pada hari Senin (5/2/2018),

Penutupan dilakukan mulai dari kawasan Gunung Mas Puncak sampai dengan Ciloto, Cianjur.

Menurut Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengatakan, langkah penutupan atau penyekatan kendaraan  mulai dari Gunung Mas Puncak sampai dengan Ciloto tidak bisa dilalui sampai dengan waktu 10 hari ke depan   diambil setelah adanya kesepakatan bersama jajaran Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG).longsor puncak4

Terkait penutupan jalur Puncak tersebut, Budi menambahkan, pihaknya akan segera menyiapkan payung hukum dengan membuat regulasi Peraturan Kementerian Perhubungan (Permenhub) terkait penutupan jalur Puncak tersebut.dan diharapkan, regulasi itu sudah bisa ditandatangani pada Kamis (7/2/2018).

Sementara itu, Ajun Komisaris Hasby Ristama Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor mengatakan,  bahwa Semua kendaraan sekarang dialihkan ke jalur alternatif, Kami imbau, pengendara yang ingin ke Cianjur lewat jalur Puncak untuk putar balik. Tapi kalau hanya pergi ke daerah Megamendung atau Cisarua masih bisa dilalui dengan kendaraan, diharap masyarakat bisa memaklumi kondisi tersebut, dan setelah imbauan ini, tidak ada lagi trafik dari arah Jakarta maupun Bogor yang mengarah ke Puncak atau sebaliknya, dan semua itu akan dialihakan lewat Sukabumi atau Jonggol.longsor puncak

Akibat dari bencana longsor tersebut rupanya menimbulkan korban, dan Berdasarkan data sementara, korban yang diketahui ada 5 orang.

 

empat orang  mengalami luka akibat tertimpa material longsor adalah Eneng (5), Fajril (3), Fitria (38), dan Suhendar (30), danSatu orang lagi meninggal dunia yaitu bernama Lilis (40), warga Kampung Cigagak, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. bahkan Di lokasi Riung Gunung, ada tiga orang yang belum ditemukan. Berdasarkan keterangan warga sekitar, ada dua motor yang tertimbun akibat longsor.

“Laporannya tiga orang masih hilang di sini (Riung Gunung). Itu berdasarkan keterangan seorang sopir angkot yang selamat,” tuturnya.longsor puncak5

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Hasby Ristama mengatakan, Jalur Puncak ditutup karena kondisi badan jalan tertutup tanah material longsor yang turun dari gunung sepanjang 20 meter. Juga terdapat tiang listrik roboh yang mengganggu lalu lintas sehingga jalan tidak dapat dilalui.

Hasby menambahkan, penutupan Jalur Puncak dimulai dari Polingga untuk memudahkan evakuasi di empat titik longsor, termasuk kendaraan dari arah Cianjur dialihkan lewat Jonggol, Kabupaten Bogor.

Satlantas Polres Bogor menurunkan 100 petugas untuk bersama pihak terkait  berupaya membersihkan material longsor dari badan jalan.

Denar/Hera/Red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *