Andy Tirta: Pemilu Harus Berlangsung Dengan Aman, Nyaman Dan Damai

Kibersindo, Jakarta – Pemilu itu pesta demokrasi. Pilkada untuk memilih pemimpin daerah dan pilpres utk memilih seorang presiden. Serta pileg utk memilih wakil rakyat baik untuk daerah (DPRD) maupun nasional (DPR).
Semua itu berdasarkan konstitusi. Dan seluruh masyarakat memiliki hak konstitusi untuk dipilih maupun memilih.
Pesta demokrasi diselenggarakan demi memenuhi konstitusi karena bangsa dan negara, yg telah dimerdekakan oleh perjuangan panjang penuh korban jiwa raga dan harta, memang harus dimajukan, dibangun dan dikembangkan sehingga tercapailah Rakyat yg makmur, sejahtera dan damai sebagaimana yg diamanatkan UUD 1945 dan sesuai dasar negara dan ideologi negara Pancasila.

Dari situ jelaslah bahwa pesta demokrasi selayaknya harus berlangsung dgn aman, nyaman dan damai. Semua manusia Indonesia dan seluruh komponen bangsa semestinya ikut berperan serta menciptakan kedamaian, kenyamanan dan ketentraman.

Jangan jadikan pemilu ini menjadi semata-mata ajang perebutan kekuasaan untuk kepentingan pribadi dan kelompok.
Pemilu diselenggarakan adalah untuk melaksanakan konstitusi demi kemajuan bangsa dan negara tercinta ini dan demi demokratisasi di negeri ini. Pemilu bukan untuk perebutan tahta dan harta oleh para elite politik.

Para tokoh masyarakat, tokoh politik, tokoh agama, dan seluruh komponen bangsa harus berpikir jernih dan berjiwa nasionalis dan belajar menjadi negarawan.
Mari kita sebagai Rakyat belajar dan menghayati sejarah bangsa ini. Di masa penjajahan, bangsa ini hidup sangat terpuruk dan menderita.
Para pahlawan bangkit melawan dan berjuang mengusir penjajah. Para pahlawan itu mengorbankan jiwa, raga dan harta. Berlinangan air mata, dan bertumpahan darah untuk merebut kemerdekaan. Setelah merdeka para pemimpin dan para tokoh duduk bersama merumuskan UUD 1945 dan melahirkan ideologi negara Pancasila. Semua itu dilakukan adalah untuk membangun bangsa dan negara yg sudah dimerdekakan lewat pengorbanan darah dan nyawa. Agar bangsa dan negara yg sudah merdeka ini mampu memberdayakan diri, mampu bangkit dan membangun, maju dan berkembang menjadi bangsa yg makmur, sejahtera dan damai. Agar bangsa ini bisa eksis di tengah bangsa-bangsa di dunia.

Jadi, mari kita berpikir jernih dengan hati penuh kehangatan dan kepala dingin untuk bersama menjaga dan menciptakan kedamaian dalam masa-masa menjelang pilpres dan pileg agar pesta demokrasi ini bisa berlangsung adil, damai, aman dan tenteram tanpa terjadi kericuhan sedikitpun.

Ingat, bangsa Indonesia adalah bangsa besar yg bermartabat, beragama, dan bertuhan.
Bangsa Indonesia terkenal akan kelembutan dan keramahannya yg jauh dari sifat kasar apalagi keberingasan.

Pemilu adalah pesta demokrasi bukan untuk memecah belah apalagi perang.
Mari kita berpesta, bergembira bersama untuk memilih pemimpin yg baik, berkualitas, yg mampu memimpin bangsa ini menuju kehidupan yg adil, makmur, sejahtera, damai sentosa.

Jangan pernah mengkhianati perjuangan para pahlawan yg telah mengorbankan jiwa dan raga. Jangan!

Hera/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *